Perencanaan Pembangunan Transportasi

Home » Ilmu Ekonomi » Manajemen » >


Fungsi sektor transportasi sangat penting dalam pembangunan, yaitu (1) sebagai penunjang terhadap peningkatan kegiatan pada sektor-sektor lain, dan (2) sebagai pendorong untuk membuka keterisolasian daerah-daerah. Transportasi merupakan kekuatan yang membentuk wajah dan perkembangan suatu daerah atau wilayah dalam jangka panjang mendatang (transportation as the formative power).
Pembangunan sektor transportasi diarahkan pada terwujudnya Sistem Transportasi Nasional (SISTRANAS) yang handal dan berkemampuan tinggi dan diselenggarakan secara efektif dan efisien. Sistem Transportasi Nasional diarahkan pada terwujudnya keseimbangan antara permintaan jasa transportasi dan tersedianya kapasitas fasilitas transportasi. Untuk itu diperlukan perencanaan pembangunan transportasi yang komprehensif, lintas sektoral dan lintas regional, serta bersifat jangka panjang. Peramalan permintaan jasa transportasi digunakan untuk menghitung pertumbuhan kegiatan ekonomi dan peningkatan permintaan jasa transportasi masa depan, yang harus diikuti oleh pertumbuhan dalam penyediaan kapasitas fasilitas transportasi agar supaya pelayanan transportasi terselenggara secara lancar, aman dan terjangkau.
Strategi perencanaan pembangunan investasi transportasi dapat dilakukan mendahului permintaan (demand follows supply) yang bersifat keperintisan, untuk membuka daerah terisolasi. Sebaliknya, adalah strategi supply follows demand dilakukan untuk daerah-daerah yang sudah tersedia permintaan jasa transportasi. Kedua strategi perencanaan pembangunan tersebut dapat dianalogikan dengan semboyan dalam bidang pelayanan, yaitu (1) trade follows ship, dan (2) ship follows trade.
Dalam buku ini disajikan berbagai materi bahasan penting, diantaranya tentang peramalan permintaan lalu lintas, program investasi di sektor transportasi, perencanaan transportasi, evaluasi proyek sektor transportasi, kebijakan transportasi, perencanaan infrastruktur, pengelolaan dan pembangunan terminal angkutan darat, pelabuhan laut, transportasi peti kemas, angkutan pipa, dan perencanaan sistem bandar udara.
ISBN : 978-979-756-776-7
Tahun terbit : 2011
Harga : Rp 54.800,00
Halaman : XVIII+206

Pemesanan Via SMS dengan Format
Tumbasbuku;Judul;Penulis;Jumlah Pesanan;Nama;alamat ;kota/Kabupaten;Propinsi;Kode Pos
Sms Center 08562954111 BBM 29EF149B


01.15.2014 · Posted in Ilmu Ekonomi, Manajemen